Tomohon

Busana Jilbab Hiasi Pawai Natal di Tomohon

Puluhan umat Muslim ikuti pawai Natal.

TOMOHON, liputankawanua.com — Penghargaan sebagai Kota Toleran, sepertinya bukan sekedar predikat saja buat Kota Tomohon. Suasana Natal di kota Sejuk yang diciptakan warga Nasrani ini didukung oleh masyarakat beragama Muslim.

Suasana penuh keakraban tersebut terlihat saat puluhan Umat Nurul Iman di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan, saat mengikuti parade Natal, Sabtu (7/12) 2019 malam, yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, di jalur utama pusat kota.

Dari pantauan media ini, puluhan wanita warga muslim yang mengikuti parade tersebut nampak menggunakan busana Jilbab sebagai identitas agama tersebut. Sehingga, menjadi perhatian khusus ribuan warga yang memadati jantung kota berjuluk Tangguh tersebut.

Ronald Kalesaran (tengah) saat mengikuti parade Natal.

“Para umat Muslim di Kelurahan Kampung Jawa ini sering menyesuaikan kegiatan-kegiatan umat Kristen. Apalagi, perayaan-perayaan menyambut Natal seperti ini,” ungkap Ronald Kalesaran, yang diketahui adalah Camat Tomsel saat diwawancarai terkait keikutsertaan puluhan warga muslim tersebut.

Menurutnya, pada pelaksanaan Parade Natal yang pertama pada tahun 2018 yang lalu, Umat Muslim Kampung Jawa, juga ikut ambil bagian. “Di setiap lorong di kelurahan yang penduduknya 95 persen beragama muslim itu, juga dipasang lampu hias, untuk menghormati umat Kristen menyambut Natal,” bebernya.

“Itu merupakan bukti bahwa kerukunan umat beragama di Kota Tomohon sangat tinggi. Sebab, disaat perayaan hari raya bagi umat muslim, para umat Kristen juga turut menghormati dan memeriahkan. Mari kita terus menjaga kerukunan antar umat beragama di kota yang pada tahun lalu mendapat penghargaan Kota Toleran ini,” tukas mantan Kabag Pemerintahan Setdakot Tomohon tersebut.

Dalam parade tersebut, ribuan warga Tomohon dimanjakan dengan atraksi sejumlah Marching Band, Alat Musik Tradisional, juga Float Kendaraan yang dihiasi Pohon Natal dan Santa Claus.

Penulis: Terry Wagiu

2 Comments

2 Comments

  1. Enny Ester

    December 8, 2019 at 4:34 am

    Luar biasa…moga menjadi inspurasi utk daerah2 lain di NKRI ini…ijin share..
    Selamat Natal 2019 & Tahun Baru 2020

  2. Anita Theresia Manua

    December 10, 2019 at 10:06 pm

    MANTAP, TORANG SAMUA BASUDARA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top