Minahasa

Dihantam Puting Beliung, 8 Bangunan di Minahasa Rusak

Salah satu rumah rusak

MINAHASA, liputankawanua.com – Cuaca buruk disertai angin kencang bahkan mengakibatkan munculnya puting beliung terjadi di Kabupaten Minahasa, Senin (9/12/2019) siang. Hal itu mengakibatkan 8 unit bangunan di sekitaran kompleks kampus atau tepatnya di Kelurahan Maesa Unima, Kecamatan Tondano Selatan rusak lantaran diterjang angin puting beliung.
“Total ada 8 bangunan yang mengalami kerusakan akibat dihantam puting beliung ketika dalam keadaan cuaca buruk,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Alex Dotulong ketika dikonfirmasi.
Dijelaskannya, 8 bangunan itu terdiri dari Rumah serta Warung. Sebagian besar kerusakan terjadi pada bagian atap rumah karena terangkat.
“Hanya kerugian materil yang masih sementara dihitung. Namun tak ada korban jiwa,” jelasnya.
Dotulong pun mengatakan bahwa usai mengetahui adanya peristiwa itu, pihaknya langsung turun ke lokasi. Disana petugas BPBD bersama instansi terkait melakukan pendataan guna menghitung nilai kerusakan.
Selain itu dikatakannya jika Pemkab Minahasa akan langsung menyiapkan bantuan kebutuhan mendesak kepada warga yang terdampak.
“Seluruh warga Minahasa kiranya tetap waspada dengan kondisi cuaca belakangan ini,” pungkasnya.(fmt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top