Tomohon

Eman Minta Mall Pelayanan Publik Dioptimalkan

Rakor Pemkot Tomohon, tampak Walikota Tomohon memberikan sambutan.

TOMOHON, liputankawanua.com — Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak meminta, Mall Pelayanan Publik (MPP) di Wale Kabasaran untuk lebih di Optimalkan. Menurutnya, sejak diresmikan pada tahun 2018 yang lalu, MPP belum mencapai hasil sempurna.

Hal tersebut, Eman, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Rabu (15/5) 2019, di Rumah Dinas Walikota. Menurutnya, MPP perlu lebih dioptimalkan guna melayani masyarakat di Kota Tomohon lebih efektif. “SDM dalam mengelola MPP ini juga perlu dikembangkan terus menerus,” tegas Eman.

Dia (Eman-red) berharap, masyarakat Kota Tomohon juga menggunakan MPP dengan baik untuk layanan umum dan sarana hiburan di Taman Kabasaran. “Sosialisasi tentang MPP kepada masyarakat tidak henti-hentinya dipublikasikan, karena ini untuk kepentingan masyarakat umum,” beber Walikota murah senyum itu.

Dikatakannya bahwa ada 233 pelayanan di MPP yakni, 98 perizinan dan 135 non perizinan. “Layanan yang tersedia yakni BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM Kota Tomohon, Samsat, Bank Sulutgo, Bank BNI 46, Kanwil Kemenkumham/Kantor Imigrasi, Polres Tomohon,  Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Koordinasi Perpajakan (KP2KP), Kantor Pertanahan Kota Tomohon, PT. PLN dan PT POS,” tuturnya.

Sementara, sarana dan prasarana di MPP yang terdapat di lantai 1 sampai lantai 3, meliputi layanan DPM-PTSP, lobby dan reception, area tunggu, counter pelayanan, mesin ATM, self service centre, loket pengambilan, perpustakaan, cafe, ruang bermain anak, ruang konsultasi, Dinas Dukcapil, klinik dan ruang laktasi. “Di Lantai 2 ada ruang command centre, ruang rapat terbatas, LPSE, dan ruang konfrensi pers. Lantai 3 ada ruang rapat dan pertemuan,” beber Eman.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadus Satu Pintu (DPMPTSP) Ir.Ervinz D H Liuw M.Si menambahkan bahwa MPP untuk mengerakkan ekonomi melalui investasi guna meningkatkan perekonomian dan pembangunan di Kota Tomohon.

Dalam Rakor tersebut dihadiri Ketua Tim Indeks Tata Kelola Polri Filemon Kusuma SH M.Han, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait SIK SH M.Si bersama jajaran Polres, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy YY Moningka SIP, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang M.Sc M.Th, tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top