Tomohon

Hadiri Rapat Paripurna, Sompotan Ucapkan ke DPRD Tomohon

TOMOHON, liputankawanua.com — Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE.Ak CA diwakili Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi Panitia Khusus LKPJ Walikota akhir tahun 2018, bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Tomohon, Senin (6/5) 2019.

Rapat ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Yan Yoppy Moningka SIP.

Dalam kesempatan tersebut Sompotan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah menjalankan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan secara optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kota Tomohon Tahun 2018,

“Begitu pula kepada Pansus DPRD LKPJ Walikota Tomohon Tahun 2018 yang dengan dedikasi tinggi telah berupaya keras dalam melaksanakan tugas,” ungkap Sompotan.

Penyusunan LKPJ tahun anggaran 2018, kata dia, sesuai dengan amanat pasal 74 UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, sedangkan sistematika dan substansi penyajian laporan ini berpedoman pada PP No 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah. “Pembangunan di Kota Tomohon merupakan hasil sinergitas yang baik antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon,” ujarnya.

“Pertumbuhan Ekonomi tahun 2018 mencapai 8,85%, penduduk miskin mengalami penurunan dari 6,56% menjadi 6,47%, dari segi Indeks Pembangunan Manusia(IPM) 75,34 kedua tertinggi di Kabupaten/Kota se Sulut,” beber Sompotan.

Dikatakannya bahwa, realisasi APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2018 sebesar Rp 695.460.943.547 angka ini terkoreksi saat audit BPK RI. “Melalui mekanisme pengelolaan keuangan yang semakin baik dan transparan akan memberi manfaat yang baik bagi masyarakat, pencapaian WTP dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut merupakan bukti nyata,” kata Sompotan.

“Kami berharap, kiranya tahun ini mendapatkan opini WTP yang ke-6 untuk pengelolaan tahun anggaran 2018,” tukasnya.

Diketahui, capaian pembangunan pada tahun 2018 diantaranya, Pembangunan Sport Center di Stadion Babe Palar, Pembangunan Taman Kabasaran, Kantor DPRD yang semakin representatif, Beroperasi RSUD Anugerah, Peresmian Mal Pelayanan Publik sebagai MPP ke-6 Indonesia dan pertama di regional Sulawesi, Peresmian Menara Alfa Omega.

Pemkot Tomohon juga mendapatkan keberhasilan dan penghargaan yakni, Kota Tomohon sebagai Kota Toleran, Kota Tomohon sebagai smart city, Kota Tomohon sebagai penyelenggara Pemerintahan yang akuntabel, Kota Tomohon penerima Universal Coverage Health, Opini dari BPK RI, 5 tahun berturut-turut WTP, Kota Tomohon sebagai Kota Layak Anak, Kota Tomohon sebagai Kota Budaya, Kota Tomohon mendapatkan rekor MURI dengan 888 rangkaian bunga, Award Revolusi Mental kategori MPP melalui Disdukcapil kategori terbaik, Award Revolusi Mental kategori MPP melalui Pelayan Terpadu Satu Pintu kategori terbaik, Kota Peduli HAM dari Kemenkumham, Juara 2 Guru Olimpiade Guru Nasional(Hanny Runtuwene), Medali Emas World Mathematic Invitation( Taro Roeroe), Medali Perunggu pada Mathematic Team Ceremony(Taro Roeroe, Vaughen Siburian, Lingkan Turangan, Abigail Tinungki), Juara 1 tingkat provinsi Sulut dalam kegiatan RKPD tahun 2019 dan mendapat nominasi pada PPD tingkat nasional.

Turut hadir dalam Paripurna tersebut, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, Ketua Pengadilan Tondano yang diwakili oleh Rudi Supit SH, Dandim 1302 diwakili oleh Peltu Jansen Linu, Kajari Kota Tomohon diwakili oleh Derri Rachman SH selaku Kasubsidik, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan

Penulis: Terry Wagiu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top