Tomohon

Kemajuan Kota Tomohon Diakui Karen Tambayong

TOMOHON, liputankawanua.com — Representative of Oceana and South-East Asia Region, Karen Tambayong, yang juga juri pada pelaksanaan TIFF 2019 mengakui, kemajuan pembangunan di Kota Tomohon sangat pesat.

Tomohon dinilainya turut serta mempromosikan keindahan Sulut pada umumnya. “Pada tahun 2007, kami membuatkan Grand Design Tomohon Kota Bunga, membranding Kota dengan ikon bunga. Tournament of Flower (ToF) merupakan salah satu program yang kami usulkan dan langsung diimplementasikan saat itu,” ungkap Karen Tambayong.

Dijelaskannya, setelah 12 tahun program itu berjalan dengan baik dan karena branding dengan Bunga, maka sangat mudah menarik wisatawan. “Apalagi Tomohon tempatnya sudah cantik. Begitu sejarahnya secara singkat,” ucapnya.

Kota yang sejuk, lanjut dia, perlintasan di provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan sekitarnya, telah menjadikan Tomohon sebagai Kota yang sangat menarik untuk dikunjungi sehingga mendapat julukan Kota Lima Dimensi yakni Agama, Pariwisata, Perdagangan, Pendidikan, Pariwisata dan Agro Industri. “Setiap tahunnya, Kota Tomohon banyak di kunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara,” bebernya.

“Dimana hampir setiap tahun, iven TIFF selalu dihadiri para duta besar negara sahabat serta tamu dan undangan lainnya baik gubernur, Bupati, Walikota serta wisatawan pada umumnya,” ujar Tambayong.

Menurutnya, kepariwisataan di Kota Tomohon bertumbuh sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. “Hal ini diikuti dengan pengembangan unit-unit akomodasi baru,” terangnya.

“Pembukaan beberapa cafe dan restoran membuat Kota Tomohon semakin mudah dijangkau dan nyaman. Dampak luas dalam perekonomian akan begitu terasa dan menggerakkan sektor-sektor lainnya,” ucap Tambayong.

Grand design yang pihaknya ciptakan bersama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon telah terbukti setelah 12 Tahun, dan dapat dinikmati pula oleh seluruh
Rakyat Indonesia dan juga wisatawan mancanegara. “Teruslah menjadikan Tomohon sebagai Kota Bunga dan tanamlah banyak bunga di sekitar Kota,” ajaknya.

Tomohon sudah berubah. Banyak cafe baru, infrastruktur penunjang semakin memadai dan nyaman. “Pokoknya kita nggak ngenalin lagi kalau ke Tomohon. Ayo ke Tomohon dan saksikan kesejukan dan keindahan alamnya serta keramahan masyarakatnya. Tomohon Elok banget kata teman-teman ibu Karen,” tukas Tambayong.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top