Sulut

Ketua DKPP Bekali Jajaran Bawaslu Sulut

 

SULUT, liputankawanua.com – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia Prof Dr Harjono SH MCL menjadi narasumber dalam Penguatan Kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten/Kota se Sulut menjelang Pilkada tahun 2020, Gran Puri Hotel Manado, 5-6 Agustus 2019.

Materi yang disampaikan Harjono adalah Dasar Hukum Kode Etik dalam menjalankan Tugas dan Fungsi Bawaslu Kabupaten/Kota Menjelang Pemilihan Kepala Daerah.

“Suatu pekerjaan yang penting dan dianggap mulia diharapkan dedikasinya sangat tinggi karena itu kemudian dikuatkan juga dengan disiplin tentang kode etik. Kalau pekerjaan yang tidak penting, maka tidak perlulah sebuah kode etik,” katanya.

Karena tugas sebagai penyelenggara Pemilu merupakan tugas yang sangat penting. Karena bila tidak ada penyelenggara pemilu maka tidak akan ada Presiden dan DPR. Karena diposisikan seperti itu, maka perlu memahami pentingnya sebuah dedikasi, loyalitas, kedisiplinan.

Dijelaskannya pula tentang integritas penyelenggara pemilu dan kontestan yang akan berkontestasi pada pemilu.
“Kalau kita bicara tentang penyelenggara maka tuntutan yang tinggi adalah integritas. Tuntutan kedua adalah profesionalitas dan kapabilitas,” pungkasnya.

Lanjutnya bahwa Demokrasi tidak hanya mempersoalkan tentang pemilih saja. Tapi merupakan suatu faktor yang mempersatukan, karena dalam demokrasi ada tempat bagi yang menang dan kalah.(fmt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top