Tomohon

Lolowang Harapkan JRA Pemkot Tomohon Segera Rampung

TOMOHON, liputankawanua.com — Sekretaris Kota (Sekot) Tomohon, Harold V Lolowang berharap, penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Pemerintah Kota Tomohon segera rampung.

Hal tersebut diungkapkan Lolowang ketika membuka pelaksanaan rapat penyusunan dan assistensi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Pemerintah Kota Tomohon di Anugerah Hill, Senin (4/11) 2019.

Lolowang mengingatkan agar seluruh Perangkat Daerah sebagai pengelolah dan pencipta arsip dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. “Supaya JRA Pemkot Tomohon dapat segera dirampungkan sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku, sehingga semua dapat memiliki pedoman dalam hal penyusunan dan penyelamatan arsip daerah,” ucapnya.

Kegiatan ini penting, kata dia, agar kita dapat menyusun JRA pada masing-masing Perangkat Daerah dan BUMD. “Saya juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman, tujuan pengertian, asas dan tata cara penyelenggaraan kearsipan, dalam upaya mewujudkan akuntabilitas kinerja pemerintah yang baik dan berwibawa,” tukas Lolowang.

Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon, Mariam mengungkapkan, kegiatan penyusunan JRA merupakan kewajiban bagi Pemerintah Daerah seperti diamanatkan dalam UU 43 tahun 2009 pasal 48. “Oleh karena itu, kami sebagai lembaga pembina kearsipan di Kota Tomohon sedang mengupayakan ditetapkannya JRA, tanpa menyampingkan pembinaan kearsipan secara keseluruhan,” terangnya.

“Kami berharap, dengan diselenggarakannya rapat ini dengan OPD Pemkot Tomohon dapat memperoleh hasil, capaian-capaian yang sangat bermanfaat,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni, tanggal 4-5 November 2019. Peserta kegiatan, perwakilan OPD, Kecamatan dan BUMD.(***)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top