Tomohon

Mantan Kabag Humas Pemkot Tomohon Minta Wartawan Paham Fungsi dan Kode Etik

TOMOHON, liputankawanua.com — Asisten Kesra Drs. O.D.S Mandagi, yang diketahui sebagai mantan Kabag Humas Setdakot Tomohon menegaskan bagwa, dalam menjalankan tugas, wartawan harus memahami fungsi dan kode etik jurnalistik, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakan wartawan itu sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Mandagi saat mewakili Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak, dalam Dialog Pemerintah Kota Tomohon bersama dengan Media Massa yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO), Jumat (16/8/2019), di Anugerah Hill Tomohon.

Menurutnya, media memiliki peran penting dan kekuatan yang besar untuk mempengaruhi publik serta menghegemoni semua pihak untuk konsen terhadap seluruh kebijakan. “Tentunya kami mengharapkan juga kepada masyarakat Kota Tomohon supaya mampu memilah-milah berita atau informasi yang layak dan tidak layak untuk dikonsumsi,” ajak Mandagi.

Dalam era keterbukaan ini, lanjut dia, media massa memiliki peran strategis dan diperhitungkan dalam paradigma baru tata kelola pemerintahan. “Paradigma baru pemerintahan saat ini melibatkan publik, media, kelompok kepentingan, partai politik dan swasta dalam berbagai proses kebijakan publik,” bebernya.

Menghadapi era ini, wartawan harus mampu menunjukkan peran sebagai agen pembaharu, alat kontrol sosial, pemberi informasi dan pendidik masyarakat. “Kami berharap dalam menjalankan tugas, wartawan harus memahami fungsi dan kode etik jurnalistik, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakan wartawan itu sendiri,” ujarnya.

“Kami berharap juga, wartawan dan media massa dapat menjadi wahana pemerintah untuk menginformasikan berbagai program dan kegiatan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan nasional dan Indonesia yang lebih maju,” tukas Mandagi.

Diketahui, ditempat yang sama juga dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-18 di Sulawesi Utara oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Jusak Pandeirot S.Pd MM, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Sasongko Tedjo, serta insan pers se-Kota Tomohon.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top