Tomohon

Pemkot Gelar Pencatatan Sipil Kepada 10 Pasutri Kawin Massal

TOMOHON, liputankawanua.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Wali Kota Jimmy F Eman, melakukan pencatatan sipil perkawinan massal kepada 10 pasangan suami istri (Pasutri), bertempat di Lantai 3 Aula Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, Selasa (10/12) 2019.

Kesempatan itu, Eman mengucapkan selamat kepada keluarga-keluarga baru yang telah mendapat kepastian hukum melalui pencatatan perkawinan. “Kegiatan ini untuk meningkatkan efektifitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, juga untuk memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-hak penduduk, memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas status kependudukan, serta memberikan perlindungan status hak sipil penduduk.

“Pelaksanaan pencatatan perkawinan merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan, guna memberikan kepastian hukum terkait status penduduk dalam perkawinan. Pencatatan ini bertujuan untuk mendapatkan legalitas formal atas status hubungan dalam keluarga. Oleh karena itu, diperlukan legalitas status dalam keluarga dan tidak hanya akta perkawinan, namun dokumen kependudukan lainnya,” jelasnya.

Usai melaksanakan pencatatan sipil, Eman didampingi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon Albert J Tulus SH, langsung menyerahkan semua dokumen kependudukan kepada 10 pasangan suami-istri yang baru, yakni Akte Nikah, Akte Kelahiran, Akte Pengesahan Anak, KK, KTP, dan KIA.

Peliput: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top