Tomohon

Pemkot Gorontalo Belajar Kelola Objek Wisata di Tomohon

Kunjungan Pemkot Gorontalo di Tomohon.

TOMOHON, liputankawanua.com — Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata melakukan Studi Banding pada Pemerintah Daerah Kota Tomohon terkait pengelolaan Destinasi Wisata.

Kunjungan tersebut dilaksanakan di, Ruang Rapat Lt. 3 Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Rabu (11/12) 2019. “Ini Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan obyek-obyek wisata di Kabupaten Gorontalo sebagai wujud pembangunan daerah,” beber Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo, DR Yusran Lapananda SH MH.

Sementara, Asisten Umum Sekda Kota Tomohon Dra. Lily Solang MM, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pijoh, S.Sos saat menerima rombongan tersebut memaparkan potensi pariwisata yang ada di Kota Tomohon. “Di Sulawesi Utara, baru Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang masuk dalam Top 10 Calender of Event Pariwisata Indonesia di tahun 2020,” beber Solang.

Tercatat, lanjut dia, ada 84 destinasi wisata yang tersebar di Kota Tomohon. Mulai dari destinasi wisata alam, wisata budaya hingga wisata buatan. “Dari 84 destinasi wisata itu, 32 diantaranya merupakan destinasi wisata yang diunggulkan. Beberapa diantaranya seperti Danau Linow hingga pesona alam Gunung Lokon dan Gunung Mahawu yang merupakan dua gunung berapi aktif yang berdekatan,” jelasnya.

Diungkapkannya, atraksi budaya tari Kabasaran yang merupakan tari perang terus dilestarikan di Kota Tomohon. “Tari Maengket, Tari Kabasaran, Tari Ma’zani, Musik Bambu Klarinet, Musik Jinjit, serta yang sudah mendunia dan diusulkan untuk dicatat sebagai salah satu warisan dunia, yakni Musik Kolintang, ikut menjadi pelengkap keindahan di daerah dengan luas 11.420 hektare ini,” tutur Solang.

Saat ini, kata Solang, di Kota Tomohon telah memiliki 135 Rumah Makan, 29 Hotel/Cottages dengan jumlah kamar 500 dan kapasitas tempat tidur sebanyak 626. “Saat ini pemerintah sedang berupaya mewujudkan Tomohon menjadi KEK Pariwisata Dataran Tinggi,” tukasnya.

Editor: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top