Tomohon

Pemkot Tomohon Gelar Rakor Penguatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Suasana pelaksanaan Rakor.

TOMOHON, liputankawanua.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Lingkungan Pemkot Tomohon Tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Lt 2, Rabu (4/9) 2019, dan dihadiri oleh Walikota Tomohon yang diwakili Sekretaris Kota (Sekot) Ir Harold V Lolowang M.Sc. “Laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran,” ungkap Lolowang.

Yang terpenting, kata dia, diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai hasil analisa terhadap pengukuran kinerja. “Laporan akuntabilitas kinerja ini juga, digunakan untuk bahan evaluasi pemerintah daerah sejauh mana pencapaian atas target yang telah ditetapkan oleh masing-masing perangkat daerah secara tepat dan terukur,” jelasnya.

Diungkapkan Lolowang bahwa, pada bulan Januari, Pemkot Tomohon telah menerima penghargaan di Kementerian PanRB RI untuk LKIP tahun 2017 yang di nilai tahun 2018 mendapat predikat B dengan nilai 62,17. “Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang mendapat predikat B dengan nilai 60,03,” bebernya.

Laporan kinerja yang disusun, menurutnya adalah salah satu bagian dari sistem akuntabilitas kinerja pemerintah (SAKIP) yang dimulai dari perencanaan yang tepat dengan indikator-indikator kinerja yang terukur. “Yang harus diperhatikan adalah konsistensi antara perencanaan (RPJMD/RENSTRA/RKPD), penganggaran (APBD/APBDP) serta capaian kinerja yang dilaporkan dalam laporan kinerja pemerintah dan kedepannya kami akan menerapkan e-SAKIP sehingga LKIP PD maupun LKIP kota akan semakin baik,” tukasnya.

Sementara, Kabag Organisasi dan SDM Setda Harny Korompis menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk Memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya. “Ini untuk memberikan saran perbaikan sebagai percepatan pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi birokrasi dan Menetapkan Indeks RB dan Tingkat Akuntabilitas,” pungkasnya.

Tampak hadir, Asisten Umum Dra. Lily Solang MM, Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi dan SDM Ir Vonny Pontoh, MBA, para Sekretaris Dinas/Badan serta yang mewakili.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top