Tomohon

Pemkot Tomohon Tingkatkan Kualitas Penduduk

Suasana penyuluhan di kantor Kelurahan Lansot.

TOMOHON, liputankawanua.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus meningkatkan kualitas penduduk salah satunya melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Program KKBPK tersebut bermanfaat untuk kesehatan bagi ibu dan anak juga bermanfaat dari sisi ekonomi dan sosial budaya. “Contohnya mendekatkan ibu pada pelayanan kesehatan, mencegah kurang gizi pada anak, mengurangi kebutuhan rumah tangga dan meningkatkan kesempatan bermasyarakat,” tutur Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE.Ak CA, melalui Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang M.Sc saat membuka penyuluhan keluarga berencana di kampung KB Kecamatan Tomohon Selatan, di Aula Kantor Kelurahan Lansot, Rabu (15/5) 2019.

Dikatakan Lolowang bahwa upaya-upaya dalam rangka mengoptimalisasi Program KKBPK yaitu dengan memberdayakan kader IMP (PPKBD dan Sub PPKBD). “Juga dengan menggiatkan kader kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan UPPKS,” terangnya.

Pemkot Tomohon berharap, Program KKBPK dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan peran tokoh formal dan tokoh non formal. “Hal yang oerlu dulakukan termasuk menyampaikan 4T yaitu Terlalu mudah menikah, Terlalu sering melahirkan, Terlalu tua melahirkan, Terlalu banyak anak,” tukas Lolowang.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tomohon Sherly Bororing SP MM SIP berharap supaya tujuan kegiatan ini beleh tercapai. “Ini untuk memberikan penyuluhan tentang keluarga berencana dan pembangunan keluarga di kampung KB,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam penyluhan, Kepala RSUD Pratama Kota Tomohon dr Jerry Bororing sebagai narasumber, para lurah se Kecmatan Tomohon Selatan, para Ketua PKK se Kecamatan Tomohon Selatan, PPKBD dan Sub PPKBD Kelurahan Lansot serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top