Sulut

Poluan: Pilkada 2020, Pencegahan Akan Dikedepankan

Kenly Poluan (ist)

 

SULUT, liputankawanua.com – Ketika menjalankan tugas mengawasi seluruh tahapan Pilkda 2020 nanti. Bawaslu Sulut nanti akan lebih mengedepankan upaya pencegahan dalam pengawasan.
“Kedepan kita berharap tidak terjadi banyak pelanggaran, karena Bawaslu akan mengedepankan upaya pencegahan. Semua elemen masyarakat dibutuhkan dalam upaya pencegahan ini,” tukas Pimpinan Bawaslu Sulut Kenly Poluan, Kamis (19/12/2019).
Dikatakannya saat ini, semua elemen masyarakat politik di dikritik terkait politik uang, politik identitas termasuk netralitas ASN.Padahal secara teoritis konsolidasi demokrasi harus dikerjakan oleh elemen ini secara bersama sama.
“Kalau aparatur negara tidak netral maka pasti konsolidasi demokrasi Pilkada tidak berjalan baik.Aperatur negara itu salah satu tonggak demokrasi. Demikian juga media dan pemantau kalau bermasalah maka demokrasi itu akan mandek,”paparnya.
Diakuinya, membangun masyarakat rasional agak susah karna memang politik uang misalnya hampir 50 persen dianggap tidak masalah oleh elemen publik.
“Ini karna kita akan berhadapan suatu kebudayaan padahal dalam kacamata regulasi jelas itu pelanggaran dan dosa Pilkada.Tapi budaya mengatakan itu diterima,” tukasnya.(fmt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top