Tomohon

Pontororing Dinilai Tak Mendukung Program Emas

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak, (kiri), Kadis Perkim Ir Enos Pontororing (kanan).

TOMOHON, liputankawanua.com — Program Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE.Ak dan Wakil Walikota Syerly A Sompotan (EMAS), untuk merubah wajah kota dinilai tidak di dukung Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) yang dipimpin oleh Ir Enos Pontororing.

Pasalnya, proyek Vertikal Garden yang di bangun oleh Perkim pada beberapa titik strategis di kota Bunga Tomohon terkesan asal jadi. Bahkan, proyek yang menelan ratusan juta dana APBD itu dinilai hanya merusak wajah Kota Tomohon.

Salah satu Proyek Vertikal Garden, tampak bunga-bunga yang ditanam tidak ada satupun yang bertumbuh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sibayak Telah salah satu toko masyarakat Kelurahan Tumatangtang Kecamatan Tomohon Selatan saat bersua dengan wartawan media ini, Sabtu (4/5) 2019. “Yah, program EMAS tentang merubah wajah kota itu sangat baik. Sebenarnya harus di dukung oleh setiap SKPD yang ada di Kota Tomohon, termasuk Dinas Perkim,” ujarnya.

Menurut dia, proyek Vertikal Garden yang direncanakan dan di buat oleh Dinas Perkim itu tidak dikerjakan dan dirawat dengan baik. “Itukan baru dibuat akhir tahun 2018 lalu. Jika di hitung sampai dengan saat ini baru sekitar enam bulan. Nah, kenapa bunga-bunga yang ditanam itu sudah tidak ada satupun yang hidup,” ungkap Sibayak.

“Sebenarnya jangan ada proyek atau pekerjaan yang seperti itu. Selesai di kerjakan lalu dibiarkan begitu saja tanpa memikirkan tujuan sebenarnya pembangunan Vertikal Garden,” jelasnya.

Proyek Vertikal Garden di depan kantor Kelurahan Tumatangtang.

Sibayak menegaskan bahwa, tujuan dari proyek Vertikal Garden tersebut logikanya untuk lebih memperindah wajah kota Bunga ini. “Kalau dipikir-pikir kan itu untuk mempercantik pemandangan, kenapa hasilnya malah jadi merusak wajah kota,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perkim Ir Enos Pontororing, tidak merespon ketika dihubungi wartawan media ini melalui via telpon.

Diketahui, proyek Vertikal Garden dibuat oleh Dinas Perkim di beberapa lokasi strategis di Tomohon. Salah satunya di depan kantor Kelurahan Tumatangtang.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top