Manado

Revalino Tumakaka Resmi Pimpin Waraney Puser In’ Tana Toar Lumimuut Manado

Foto Bersama Usai Pelantikan.

MANADO, liputankawanua.com — Revalino Tumakaka resmi nakhodai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Waraney Puser In’ Tana Toar Lumimuut Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), setelah dilantik Ketua Dewan Pengurus Besar (DPB) John F S Pandeirot.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Sulut, Jalan Sam Ratulangi, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Jumat (21/6/2019).

Usai melantik, Ketua Umum John F S Pandeirot mengatakan bahwa, pengurus Waraney Puser In’Tana Toar Lumimuut Kota Manado supaya bisa ambil bagian dalam setiap pembangunan dan problematika di Manado. “Kami juga berharap, para pengurus yang baru dapat melaksanakan tugas sesuai AD/RT dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Hangky Gerungan menyerahkan pataka ke Ketua WPITTL yang baru Revalino Tumakaka.

Sementara, Ketua Waraney Puser In’Tana Toar Lumimuut Kota Manado, Revalino Tumakaka, usai dilantik mengatakan bahwa pihaknya dikumpulkan disini untuk membangun komitmen Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati.

“Tentang memecah-belah bangsa dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan falsafah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, bagi kami itu tidak ada. Dengan hadirnya beragam tokoh bangsa dan agama, maka hal ini menunjukkan bahwa semua ini adalah satu, Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, apapun yang terjadi baik suku, ras, agama, bahkan seluruh warga Indonesia adalah saudara kita semua yang akan kita lindungi. “Perbedaan itu biasa, namun kita tetap menjaga NKRI,” ujar Nino (sapaan akrab Tumakaka).

Disisi lain, Nino juga meminta kepada jajarannya, serta masyarakat yang ada di Kota Manado untuk menjga tanah Adat dan budaya, dari ancaman dan pengaruh budaya dari luar. “Ini sangat penting ditengah masuknya berbagai macam kemajuan jaman dan teknologi. Sadar atau tidaknya kemajuan ini bisa membuat kita lupa tentang adat dan budaya daerah kita sendiri,” tegasnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, teruslah kembangkan adat istiadat dan budaya. Sehingga masyarakat bisa menghormati, menghargai, memelihara dan menjaga nilai-nilai adat budaya. “Kita dukung pemerintah agar berusaha maksimal memelihara dan melindungi budaya dan adat serta hak-hak adat yang ada dimasyarakat,” tukasnya.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Pembina DPB Waraney Puser In’ Tana Toar Lumimuut, Hangky Gerungan, Panglima Besar Stefan Voges, Sekjen Maykel Jobs, Pembina Waraney Puser In’ Tana Toar Lumimuut Manado, Andre Gerungan, serta pengurus yang baru dilantik.

Berikut susunan pengurus Waraney Puser In Tana Toar Lumimuut Kota Manado yang baru dilantik:

Ketua : Revalino Tumakaka
Wakil Ketua : Steven Worang
Sekretaris : Edwin Mamahit
Bendahara : James Pandeiroth
Panglima : Vicko Gumolung
Wakil Panglima: Maikel M
Ketua Wulan : Yunitha Yulie

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top