Tomohon

Tulus Ingatkan, Pelaksanaan Pencatatan Perkawinan Harus di Kantor Disdukcapil

Kadis Disdukcapil, Albert J Tulus tampak menandatangani dokumen di ruang kerjanya.

TOMOHON, liputankawanua.com — Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Albert J. Tulus SH, mengingatkan bahwa Tahun 2019 ini seluruh pelaksanaan pencatatan perkawinan dilaksanakan di Terung ne Kumaweng yang terletak di Mall Pelayanan Publik.

Hal tersebut dikatakan Tulus di ruang kerjanya, Selasa (7/5) 2019. “Yah, tahun ini untuk pelaksanaan pencatatan perkawinan memang sudah di haruskan untuk dilakukan di kantor Disdukcapil,” ungkap Tulus.

“Itu kami lakukan berdasarkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terbaru, dan berdasarkan undang-undang terkait dengan pencatatan perkawinan,” jelasnya.

Pelaksanaan Pencetatan Perkawinan di Terung ne Kumaweng.

Memang, kata dia, pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan pencatatan perkawinan ada yang masih dilakukan di gereja-gereja. Tapi, lanjut Tulus, SK Petugas Pembantu Pencatat Perkawinan (P4) sebenarnya sudah di cabut. “SK P4 yang diberikan kepada pemuka-oemuka agama seperti Pendeta dan Pastor sudah di cabut sejak 2013 lalu. Karena ada beberapa kendala,” ujarnya.

“Jadi, kami ingatkan kembali kepada masyarakat yang akan melakukan perkawinan, jika sudah melakukan pemberkatan supaya segera datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan pencatatan perkawinan,” tukasnya.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top