Peristiwa

Wakapolsek IPTU Asif Berpulang, Polres Tomohon Gelar Upacara

Upacara Penghormatan Terakhir Oleh Jajaran Polres Tomohon.

TOMOHON, liputankawanua.com — Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Tomohon kembali dirundung duka. Pasalnya, salah satu perwira terbaik Polri yang bertugas sebagai Wakapolsek Tomohon Tengah, Iptu M La Asif, di panggil pulang yang mahakuasa, Rabu (23/4), sekitar pukul 22.00 Wita di RS Gunung Maria Tomohon.

Pada hari inipun, Jumat (25/4) 2019 pukul 15:00, jajaran Polres Tomohon melaksankan upacara penghormatan terakhir di kediaman Almarhum yang terletak di Kelurahan Lansot Tomohon Selatan.

Kapolres Tomohon Akbp Raswin B Sirait S.Ik, SH, M.Si, yang diwakili Wakapolres Kompol Joyce MI Wowor S.Sos, saat memimpin upacara kedinasan tersebut mengatakan bahwa, upacara tersebut merupakan penghormatan dan penghargaan terhadap almarhum selama bertugas sebagai anggota Polri.

“Iptu Asif bertugas selama 30 tahun. Waktu yang dia berikan untuk masyarakat tersebut bukanlah waktu yang singkat, itu harus kita hargai,” ungkap Wowor.

Wowor pun mengungkapkan ucapan duka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian salah satu anggota Polisi terbaik dan berdedikasi tinggi yang di miliki Polres Tomohon. “Atas nama pribadi dan keluarga besar Polres Tomohon, sangat kehilangan sosok polisi baik seperti pak Asif. Bagi keluarga yang di tinggalkan semoga di beri ketabahan, kekuatan serta semangat untuk hidup,” ucapnya.

Disela upacara pemakaman tersebut, Kasubag Humas Polres Tomohon, Iptu Johny Kreysen, yang diketahui sebagai salah satu sahabat almarhum, kepada wartawan mengungkapkan bahwa sebelumnya, Iptu Asif mengalami sakit secara tiba tiba usai olah raga jalan sehat pada sore hari.

Namun pada hari Rabu (23/4), pukul 22.00 Wita, Asif menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Kepergiannya meninggalkan dua orang anak yang sudah berkeluarga.

Kreysen menambahkan bahwa, almarhum adalah sosok Polisi yang lincah dalam tugas, baik dimata masyarakat dan bisa dijadikan teladan. Semasa hidupnya, lanjut dia, Iptu Asif punya tutur kata dan sikap yang  layaknya seorang bhayangkara sejati, mengabdi buat negara dan melayani masyarakat. “Selamat jalan sahabat terbaik, kita jumpa di Yerusalem baru,” tukas Kreysen.

Jenazah Iptu Asif dipikul oleh personil Perwira Pertama Polres Tomohon. Dalam proses upacara menuju pemakaman, Tembakan salvo sebagai penghormatan terakhir mengiringi jenazah Almarhum. Isak tangis keluarga, saudara serta kerabat pun tak luput menghantar sang perwira ke ladang pekuburan.

Diketahui, Asif dimakamkan secara kedinasan kepolisian di tempat pemakaman umum Kelurahan Uluindano Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top